Tips Agar Tubuh Tahan Lapar dan Haus Saat Puasa

Berikut adalah Tips Agar Tubuh Tahan Lapar dan Haus Saat Puasa di Bulan Suci Ramadhan ini


Tips & Trick Agar Tubuh Tahan Lapar dan Haus Saat Puasa :

  1. Berniat, segala sesuatu itu dimulai dari niatnya. Niatkan dalam diri anda untuk  menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan Ikhlas.
  2. Makan sahur mendekati waktu imsak yakni sekitar 20 s/d 30 menit sebelum imsak tiba.
  3. Saat makan sahur, konsumsi  karbohidrat seperti nasi. Lebih baik lagi jika anda bisa mengkonsumsi nasi dari beras merah. Selain itu, karbohidrat dari bahan makanan gandum, oatmeal, sereal, dsb juga sangat baik untuk dikonsumsi.
  4. Konsumsi sayur-sayuran yang kaya akan serat antara lain brokoli, bayam, kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai (tahu dan tempe), kacang merah, kacang buncis, kacang panjang, dsb sebagai makanan sehat dan  mengenyangkan.
  5. Jika ingin lebih mantap lagi, anda bisa membuat semangkuk sup dengan kaldu ayam yang ditambah seledri dan bayam, atau sup kacang merah.
  6. Konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin seperti alpukat, pear, apel, pisang, dsb. Jika anda buat menjadi jus buah juga lebih nikmat, sebaiknya tanpa gula (atau jika terpaksa campurkan sangat sedikit saja).
  7. Konsumsi bahan makanan yang mengandung protein seperti ikan, telur, ayam, daging sapi/kambing tanpa lemak, namun sebaiknya bahan makanan tersebut direbus, dikukus, panggang (dengan microwave), dipepes (ikan) atau dibuat campuran sup (menghindari makanan yang digoreng dengan minyak)
  8. Minum air putih (air hangat) setidaknya 2 hingga 3 gelas saat sahur, dan lebih baik jika ditambah dengan minum segelas susu (susu sapi atau susu kedelai), atau minum segelas sari kacang hijau (bisa anda buat sendiri atau beli yang sudah jadi di pasar atau swalayan), agar cairan tubuh tetap terjaga selama berpuasa.
  9. Saat sahur, jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis (gula atau pemanis buatan), makanan berminyak (digoreng),  makanan dari tepung terigu (roti), dan makanan berlemak
  10. Lakukan kegiatan olah raga agar peredaran darah lancar, tubuh sehat bugar dan tidak lekas loyo. Pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan banyak energi, seperti jogging ringan atau jalan kaki. Olah raga sebaiknya dilakukan pagi hari atau sore menjelang waktu berbuka selama kira-kira 30 menit
  11. Hindari melakukan aktivitas yang tidak penting dan menguras banyak energi, dan anda mesti bisa mengendalikan hawa nafsu, emosi, sabar, agar energi dalam tubuh tidak terbuang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat (sia-sia).
  12. Untuk menghindari tubuh menjadi lemas dan dehidrasi, sebaiknya anda tidur jika sedang tidak melakukan aktivitas. Tidur baik untuk kesehatan dan stamina anda selama berpuasa dan selain itu tidur orang yang berpuasa juga merupakan ibadah.
  13. Saat waktu berbuka tiba, segeralah berbuka dengan mengkonsumsi buah kurma sebanyak 3 buah dan minum segelas air, kemudian segerakan untuk sholat Maghrib dulu.
  14. Setelah selesai sholat Maghrib, anda bisa menyantap makanan yang manis seperti kolak, minum segelas air hangat (boleh minum teh hangat). Sementara untuk makan nasi, dsb sebaiknya dilakukan setelah selesai sholat Tarawih
  15. Selama berpuasa mungkin timbul bau mulut karena mulut kering dan kurang konsumsi air
Ya Mungkin Tips & Trick Agar Tubuh Tahan Lapar dan Haus Saat Puasa dapat bermanfaat bagi kalian.
Tips Agar Tubuh Tahan Lapar dan Haus Saat Puasa Tips Agar Tubuh Tahan Lapar dan Haus Saat Puasa Reviewed by Unknown on 9:09:00 AM Rating: 5

2 comments

  1. Mancap Min , semoga berkah terus web nya . Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ...
      Terima Kasih atas Komentarnya , Jangan Lupa Untuk Terus Menyebarluaskan Website ini ya

      Delete

Catatan :

Terima Kasih atas kunjungan anda, merupakan suatu kehormatan bagi kami. Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan aturan yang tercantum di bawah, insya Allah akan kami tanggapi.

Aturan Berkomentar :
1. Komentar yang mengandung SPAM, pornografi dan iklan akan dihapus.
2. Mencantumkan link hidup akan otomatis dihapus.
3. Anda bisa mendapatkan back link dengan berkomentar sebagai Nama/URL.
4. Komentar dari Anonymous dianggap spam dan tidak akan di tanggapi.
5. Gunakan bahasa yang baku
6. Saya akan secepatnya menjawab komentar yang sifatnya pertanyaan
7. Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan pembahasan

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

NB: Jangan menuliskan link aktif karena akan terhapus secara automatis.

Post AD

expired